Selasa, 03 November 2015

Musnahkan Generasi GALAU (Makalah Keren Beserta File Persentasi)




MAKALAH
MUSNAHAKAN GENERASI GALAU
Ditunjukan untuk memenuhi tugas salah satu mata pelajaran Bahasa Indonesia



Disusun oleh :
NIS : 121301175
NIS : 121301182
NIS : 121301188
NIS : 121301194
Tknik Komputer Jaringan
PEMERINTAH BABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 GARUT
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORNASI DAN KOMUNIKASI
Jln. Raya Wado Cisitu Malangbong No.Telp. (0206)421502 Garut
2014

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga KAMI dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Musnahkan  generasi GALAU”.

Dalam penyusunannya, KAMI memperoleh banyak masalah misalnya saja kami sangat kebingungan dalam melilih tema tapi berkat salah satu aggota dari kelompok kami akhirnya bisa menemukan tema ini.dan kami banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu KAMI  mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.karena Dari sanalah awal dari semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun Kami berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang.Oleh karena itu, Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar Makalah ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata kami berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.




Malangbong , 3 februari 2014
Penyusun


Kelompok 5
Daftar isi
Kata pengantar ................................................................................................................... i
Daftar isi ............................................................................................................................. ii
Bab 1 Pendahuluan ............................................................................................................. 1
a.Latar belakang ................................................................................................................. 1
b.Maksud dan tujuan  ......................................................................................................... 1
Bab 2 Pembahasan .............................................................................................................. 2
a.Pengertian galau ............................................................................................................... 3
b.Penyebab GALAU .......................................................................................................... 3
c.Membasmi/Menghilangkan GALAU .............................................................................. 3
Daftar pustaka .................................................................................................................... 6












BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
            Akhir-akhir ini kita sering banget mendengar kata “galau” ..sebenarnya galau itu apa sih ?? Gelisah Antara Lanjut Atau Udahan,,,benarkah demikian.?  menurut Kami sih galau itu "kondisi dimana seseorang merasa resah dan gelisah karena sesuatu hal serta dalam waktu yang bersamaan dia pengin ngilangin kegalauan itu tapi dia nggak tau apa yang harus dilakuakan" kalo tau mau ngapain kan gak perlu galau to..,,,yah...begitulah kira-kiranya...Orang-orang sih kemudian menyebutnya galau.
            Galau bisa disebabkan oleh berbagai macam hal,dan bisa dialami siapaun baik mereka yang jomblo ataupun mereka yang sudah berpacar,emang yang namanya galau ini gak pernah milih-milih korban..bahkan presiden-pun bisa galau ...sadis memang.oleh karena itu kami memilih tema galau ini,karena fenomena galau sering dialami oleh para pelajar.
B.Maksud dan Tujuan
            Maksud kami memilih tema ini karena  fenomena galau ini sering terjadi para pelajar yang sering disebut “jomblo” Biasanya para jomblo akan merasa galau ketika menjelang malam minggu tiba..dan tidak  tau ada bisikan ghoab darimana mereka juga sudah paham kalau galau segera menghampirinya,maka mereka-pun tidak  mau tinggal diam..kalau sudah sampai  hari sabtu,paran  jomblo itu sibuk,karena,sibuk ngesem-esin temen cewenya berharap dapet temen kencan buat pergi malm mingguan.Dan Tujuan kami agar para pelajar ini tidak akan pernah merasa galau lagi,dan bisa fokus pada pelajaran.





BAB 2
PEMBAHASAN
A.Pengertian GALAU
Galau adalah Keadaan Dimana seseorang menjadi murung secara mendadak bisa dibilang Manyun Sindrom.Dimana secara dratis gerak bibir menjadi manyun secara tidak wajar. Emosional seseorang akan turun dratis menuju titik kesedihan paling dasar.
Penyebab itu semua hanya satu yaitu, ” Banyak pikiran !”. Banyak pikiran yang dimaksud adalah , Bisa jadi karena terlalu banyak memikirkan sesuatu yang nggak jelas.
Menurut sumber orang yang sering galau. Menyarankan, sebaiknya berhentilah memikirkan someone.Karena kata salah satu Band zaman dulu, yaitu Koes Ploes, Band ini sempat membuat lagu, Kalau tidak salah liriknya seperti ini.”Buat apa Galau, Buat apa Galau, Galau itu nggak ada gunanya !”.
Jadi pada intinya adalah Galau itu adalah keadaan dimana kita jadi sedih dan murung karena memikirkan sesuatu.“Melancholis deh istilah kerennya.Galau sepertinya memang lagi ngetrend ya saat ini.Terutama di kalangan Remaja dan pelajar, seperti gue contohnya hahai.
Galau ini harus di basmi karena menjengkelkan umat ababil !. Coba anda bayangkan, Misalnya anda secara nggak sengaja lagi mojok atau menyender di pojokan ruang kelas . Pasti eh teman sebangku anda dengan santai dan tanpa dosanya datang dan menyapa anda terus bilang Eh lo kenapa?, lo lagi galau ya?.
Adakah orang yang tidak pernah Galau?
Zaman ini, siapa sih orang yang nggak pernah Galau?,Presiden saja Galau apa lagi rakyatnya ?. Ya iyalah, Galau adalah Hak dan milik semua orang !, contohnya ?.
Contohnya aja Nenek Nenek, pasti tahu dong apa itu nenek nenek ?.Nenek Nenek biasanya pasti suka resah mikirin umur.Nah itu adalah Galau Ala nenek nenek.Ada lagi nggak?Ada !. Ortu kita !jangan salah, orang tua kita adalah orang yang paling sering banget galau. Yaitu Galau mikirin kebutuhan kita sehari. Itu baru mikirin kebutuhan belum  mikirin kelakuan tingkah nakal anaknya.
B.Penyebab GALAU
Berikut ini adalah beberapa penyebab dari galau:
1.Tinggal Sendirian
Salah satu penyebab kita bete alias galaumungkin karena sendirian.Misalnya nge'kost sendiri gak punya temen.Jadi apapun yang kita lakukan selalu sendiri, malam minggu sendiri, dll.yang biasanya bikin kita suntuk dan juga bete.
2.Banyak Masalah
Kalau ini mungkin memang salah satu yang jadi penyebab kita bete dan galau.Kalau kita lagi ada masalah pasti bawaan'nya kalut, bingung dan bikin stress. Berbagai macam masalah bisa terjadi sama setiap orang, jadi kita mesti mengatasi masalah tanpa masalah dan juga mengatasi bete yang ada.
3.Males
Mungkin karna kita lagi males jadinya males.Kalau menurut kami pribadi sih itulah penyebab galau dan bete yang sering bikin kita suka bingung mau ngapain, bete dan galau gak jelas. Mungkin masih banyak hal-hal lain yang bisa bikin kita stress
C.Membasmi/Menghilangkan GALAU
Berikut ini adalah  10 Tips Cara Menghilangkan Galau:
1. Jangan menyalahkan diri sendiri
Kalau sedang galau biasanya orang selalu saja menyalahkan diri sendiri.Bahkan karena terlalu merasa bersalah ada yang rela bunuh diri. Hadewh... Goblok amat!! Anggaplah semua ini hanya sebatas permasalahn di dalam pengalaman bercinta, sebab cinta itu tidak hanya bahagia saja. Diri sobat adalah sesuatu yang nyata, maka dari itu ekspresikanlah apa yang ada di pikiranmu. Kita semua adalah makhluk yang memiliki kelebihan masing-masing. So, kenapa masih menyalahkan diri sendiri ?
2. Berhenti Mendengarkan Lagu Berirama Sedih/Galau
Hampir semua orang diseluruh dunia kalau galau malah mendownload lagu-lagu yang berirama sedih atau yang di cerita lagunya senasib sama mereka, TAPI ITU MERUPAKAN KESALAHAN YANG BESAR. Coba aja deh tiap kali ndengerin itu bukanya tmbh seneng malah jadi tambah galau bukan?
3. Memahami bahwa segala ujian merupakan tingkat kenaikan level
Nah, setuju tidak jika saya bilang begini. Semua permasalahan cinta itu adalah ujian dari Tuhan agar kita lebih menaikkan level dalam dunia percintaaan ?Kalau ada yang kurang setuju, berarti sobat masih menyalahkan diri sobat, dan itu adalah hal terbodoh. Jangan pernah sobat ingin dibodohi oleh cinta! Lewati semua permasalahan itu dan jangan cengeng.Ok ?
4. Hadapi, Jangan dihindari
Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi, jangan dihindari. Karena jika kita menghindarinya, itu akan membuat kita terus membayangkannya karena tidak ada penyelesaian. Nah, ketika sobat menghadapinya, masalah yang membuat galau itu akan mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar, Nah dengan ditemukannya penyelesaian itu sobat akan merasa puas dan terkadang juga masalah itu akan menjadi kenangan dan bahan tertawaan.
5. Merasalah beruntung
Orang galau kok malah harus merasa beruntung ?Karena dengan kegalauan itu sobat telah memiliki satu pengalaman yang hebat dalam dunia percintaan. Dan ketika sobat menghadapi permasalah yang sama, maka sobat akan lebih mudah dalam menyelesaikannya. So, beruntung itu bukan hanya mendapatkan kebahagiaan, tetapi juga bagaimana proses menuju kebahagiaan.
6. Perbanyak sharing dan bergaul dengan teman
Cara ini merupakan hal yang lumayan kuat untuk mengatasi kegalauan kita. Dengan suasana yang ramai dan menyenangkan, itu akan membuat kegalauan menjadi pudar. Namun ingat, setelah pikiran sobat rileks/nyaman, hadapilah dengan segera masalah yang membuat sobat galau.Teman baik dapat membantu menyelesaikan masalah dan memberikan kita kesibukan yang bermanfaat.Jadi, gunakan kesempatan itu dengan baik. Namn perlu diingat jangan sampai salah gaul dengan teman yang salah.

7. Perbanyak Ibadah dan Berdo’a kepada Tuhan
Segala permasalahan yang didatangkan Tuhan akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalm menghadapi kehidupan ini. Namun harus sobat ingat, bahwa usaha tanpa do’a = 0. Tidak ada jalan terhebat dalam mengatasi kegalauan melebihi pendekatan kepada Tuhan.
8. Perbanyak melakukan/menyibukan diri dengan aktivitas yang bisa menghiburmu
Ketika kita melakukan beberapa hal yang dianggap menyenangkan misal hobi kita, kita akan lupa segala masalah  yang mendala kita, jadi lakukanlah itu sesering mungkin. Jadi kalo suka shopping yang shopping terus, kalau suka main game ya maen game terus, kalau suka nonton ya nonton dll.Tapi yang paling penting lakukan itu bersama orang yang dianggap asyik.
9. Jika masih tidak bisa cobalah ke psikolog atau hipnoterapis
Beberapa orang galau jika membaca artikel diatas cuman bilang "Kalo ngomong doank mah gampang", nah itulah pernyataan keputus asaan tingkat tinggi,, coba dulu lah,, tetapi emang anda buntet pergi saja ke psikolog atau hipnoterapis. Di hipnoterapis/psikolog nanti kita bisa menghilangkan rasa galau, sakit hati, dilema dan lain-lain.
10. Buatlah pilihan mencari lagi atau berhenti lagi.
Perlu diingat hidup hanya sekali jangan sampai 1 kali hidup ini hanya dipakai buat galau memikirkan orang lain, didunia ini ada miliaran manusia, dan kamu masih galau memikirkan 1 ekor manusia aja??? Cobalah cari, masih banyak manusia yang lebih dari dia. tapi kalau aku sih lebih memilih tetap jomblo, karena kalau gak mau disakiti ya jangan jatuh cinta.
Daftar pustaka
http://www.google.co.id
http://menyerap.blogspot.com/2012/12/dampak-galau-bagi-kesehatan-dan.html
http://ariepinoci.blogspot.com/2013/09/inilah-penyebab-galau-dan-bete.html
http://galau.blogdetik.com/galau/

File presentasi Musnahkan Generasi galau :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar